Bali Jadi Tuan Rumah Parade Sepeda Klasik Terbesar – kabarbali.id
Kabar Otomotif kabar Utama

Bali Jadi Tuan Rumah Parade Sepeda Klasik Terbesar

kabarbali.id — Bali siap menjadi saksi dalam pemecahan rekor dunia (Guinness Book of Record) dalam katagori Parade Sepeda Klasik Terbesar diseluruh dunia yang diselenggarakan dalam ajang kongres dan reli asosiasi sepeda tu internasional (International Veteran Cycle Association – IVCA) 2018 yang berlangsung pada 12-15 April 2018.

Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Joko R. Prihartono menyampaikan Indonesia menjadikan negara pertama di Asia  sebagai tuan rumah sejak kongres IVCA pertama kali diselenggarakan di Grantham, Inggris pada tahun 1981.

 

Baca Juga : 

 

“Ini menjadi kebanggan Indonesia yang di percaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang bertaraf internasional ini,”paparnya kepada kabarbali.id Rabu, 11 April 2018.

Event itu akan melibatkan sebanyak 30 negara dari seluruh dunia dan lebih dari 10 ribu peserta yagn siap berkonvoi keliling Denpasar.

Selain itu, ajang bergengsi ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah reli sepeda tua yang jugamenjadi reli pertama di dunia, pamera seputar sepeda tua yang diisi oleh lebih dari 100 stand. IVCA 2018 mengusung tema “Menjungjung Tinggi Keberagaman dan Popularitas”.

Ajang ini pun menjadi moment untuk mempromosikan Bali pasca erupsi Gunung Agung beberapa waktu lalu. “Selain itu ajang ini juga menjadi bagian dalam pelestarian budaya dan warisan Indonesia salah satunya melalui sepeda tua,”imbuh Joko R. Prihartono.

Ketua panitia IVCA 2018, bambang Waluyojati menyampaikan tujuan lain dari kegiatan ini untuk membuak mata dunia dan Indonesia khususnya bahwa bersepeda itu sangat menyenangkan dan menyehatkan. Selain itu kongres ini juga bertujuan untuk merumuskan rekomendasi terkait kebijakan transportasi yang ramah lingkungan di tanah air.

Sebelumnya, KOSTI sendiri sudah mengadakan estafet rofi IVCA oleh 10 peserta inti dan ratusan penggemar sepeda tua dari Pantai Anyer, Banten (24/3) dan berakhir pada 10 April 2018 di Hotel Bali Beach, Sanur Denpasar. Estafet itu menempuh jarak sekitar 1 500 km dan melewati sebanyak 20 kota sepanjang pulau Jawa dan Bali. (Red/Rls/Mas)

Comments

comments

Related Posts