Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Kabar Seni

Bali Menjadi Saksi Berkumpulnya International Watercolor Society

Sebanyak 56 negara di dunia terlibat dalam pameran “@rtquarelle” yang diselenggarakan di Gedung ABBC / Art Bali Nusa Dua, Bali, tanggal 1-7 Agustus 2019 dengan total karya mencapai ratusan karya dipamerkan selama seminggu penuh.

BACA JUGA:  DRIM AAJI 2019, Penetrasi Asuransi Jiwa di Tanah Air yangMasih Rendah

“Ini event skala besar dan kami sangat bangga bisa menjadi tuan rumah,”ujar Agus Budianto selaku ketua panitia sekaligus ketua International Watercolor Society (IWS) Indonesia, saat ditemui dilokasi acara. Senin (5/8).

Karya-karya cat air tersebut merupakan pemenang dan finalis lukisan cat air tahun 2019 diselenggarakan oleh International Watercolor Society (IWS) Indonesia. Kompetisi perdana ini diharap mempercepat Indonesia menjadi lebih diperhitungkan di dalam kancah pergaulan seni lukis cat air. “Ini sebagai strategi agar Indonesia semakin dikenal lagi, terlebih untuk pelaku seni cat air di Indoensia sangat massive,”tuturnya.

BACA JUGA:  Cerita Hidupku Bertumbuh Bersama Pohon, Apa Itu?

Pameran ini menampilkan keragaman dan kecenderungan tema, gagasan, obyek garapan, motif, maupun pencapaian teknik di dalam seni lukis cat air dewasa ini. Kompetisi tersebut memang tidak membatasi ruang gerak seniman, kecuali membaginya di dalam dua kelompok besar, yaitu figurative/ representational dan non-figurative/ non-representational.

Hasilnya sangat menarik karena memberi pemandangan luas tentang perkembangan seni lukis cat air di berbagai negeri se kawasan maupun dari benua lain, dan praktik berkesenian yang tengah berlaku.

Melengkapi karya pemenang dan finalis pada pameran ini, para juri juga ikut menampilkan lukisan mereka di dalam gaya khas masing-masing. Dengan penyelenggaraan kompetisi cat air antarbangsa ini, IWS membubuhkan Indonesia sebagai satu titik penting dalam percaturan seni budaya internasional dan semakin mengokohkan posturnya sebagai kawasan yang subur kreatitivtas ke dalam peta cat air dunia.

BACA JUGA:  Klikgo, Aplikasi Keperluan Keluarga

“Ini moment yang sangat penting, rintisan yang dengan berani diambil di tengah segala keterbatasan, dan karena itu mesti dijaga dan dirawat pertumbuhannya,”sambungnya.

Lebih lanjut disampaikan, untuk memilih pemenang kompetisi tersebut dibentuk dewan juri terdiri dari lima pakar dengan ketua bapak Srihadi Sudarsono, seorang pelukis terkemuka Indonesia. Empat anggotanya adalah Mr. Atanur Dogan (pendiri dan President IWS Globe, Turkey/Canada), Mr. Liu Yi (pelukis senior cat-air China), Mr. Ong Kim Seng (pelukis cat-air senior dari Singapura), dan Mr. John Cogley (pemilik perusahaan cat-air Daniel Smith, USA).

BACA JUGA:  BCA Travel Fair Bali, Targetkan 10 Miliar

Pada tahap awal kompetisi, seluruh 986 karya peserta dari 73 negara diperiksa dan dipilah oleh dua orang kurator IWS, yaitu Eddy Soetriyono dan Efix Mulyadi. Tahap penyisihan ini menghasilkan 312 (jumlah karya) yang diserahkan kepada juri tahap akhir. Adapun para pemenangnya seperti tertera di bawah ini, yang merupakan peserta utama di dalam pameran “@rtquarelle” ini. (Red/Dhi/Rls)