Food

Bebek Timbungan, Kuliner Bali Yang Hampir Punah

Bebek Timbungan yang kini membuka cabang di Jl Sunset Road, Kuta secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Minggu, (18/2) yang ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti.

Arif Yahya yang kala itu di dampingi oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyambut baik atas dibukanya gerai Bebek Timbungan. Ia mengatakan jika salah satu warisan yang dimiliki Indonesia adalah keberagaman kulinernya.

Baca Juga : 

Dan di Bali, ia berharap bebek timbungan menjadi salah satu daya tarik baru untuk mendatangkan wisatawan. “Jadi ketika ke Bali tidak hanya bertujuan melihat sunset atau main surfing lagi, namun kuliner juga,”ungkapnya.

Selain itu, seperti yang diketahui, bebek timbungan adalah salah satu kuliner tertua yang ada di Bali yang keberadaannya hampir punah. Bebek Timbungan sendiri hadir sebagai tempat pelestarian dan pengenalan kembali tentang keberagaman kuliner di Bali.

Menurut penuturan dari Ida Bagus Udiana selaku Head Chef pengolahan hingga penyajian dari bebek timbungan di sini masih mempertahankan cara tradisional sehingga rasa dan aromanya sangat khas Bali. “Bumbu, penyajian dan termasuk cara pengolahannya masih kita pertahankan dan tentu dengan balutan resep rahasia yang kita miliki,”ucapnya.

Bebek Timbungan sendiri berasal dari dua kata yakni “Embung” atau “Timbung” yang memiliki arti bambu dan bebek timbungan secara garis besar memiliki arti hidangan daging bebek yang dimasak menggunakan bumbu basa genep menggunakan bilah bambu. Bebek yang sudah dicampur dengan bumbu genap tersebut kemudian masukkan kedalam bambu dan dibakar.

Bebek yang digunakan pun tidak sembarangan, ada aturan khusus yang wajib ditaputih di sini seperti tidak menggunakan bebek putih jambul, dan tidak menggunakan bebek betina. Hingga sat ini, Bebek TImbungan Balinese HeritageCuisine mampu menjual ribuan daging bebek setiap bulannya.

Restaurant yang buka dari 10.00 – 23.00 wita itu cukup recomend, mengingat tekstur daging sangat empuk dan jauh dari kesan alot. Satu porsi menu bebek timbungan cukup dimakan berdua mengingat porsi yang diberikan lumayan besar. Dan dari sisi harga tidaklah terlalu menguras kantong.

Tidak hanya menyajikan menu bebek, di sini juga tersedia menu lainnya seperti nasi yasa hingga sari segara sup bening. Selain itu, tempat ini juga menyediakan fasilitas meeting room di lantai 2 dan dengan pakir yang cukup luas. Sebagai tambahan informasi, Bebek Timbunga ini merupakan satu managemen dari Secreet Garden Village, Tabanan. (Red/Jik/Dhi)

Comments

comments