Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Belayag obati rasa kangen akan kota pendidikan – kabarbali.id
Food

Belayag obati rasa kangen akan kota pendidikan

imagekabarportal.com – Buleleng begitu banyak menyajikan sajian yang menggugah orang untuk selalu berkunjung dan selalu ingat akan kota yang berjuluk kota Pendidikan ini, mulai dari wisatanya alamnya, budayanya hingga wisata kulinernya, selain siobak khelok, ada salah satu makanan khas dari belahan bumi utara pulau Bali ini, yakni Belayag ya belayag salah sayu kuliner khas dari Buleleng ini,. saat ini ditengah gempuran makanan modern justru makanan tradisional ini sebenarnya semakin diminati. Terutama mereka yang suka menjelajah kuliner khas-khas daerah.

Blayag adalah makanan sejenis tipat namun bentuknya yang memanjang, dicampur dengan  Kacang atau Kedele, Saur kelapa serta Kuah ayam nyat-nyat atau ada di beberapa tempat yang menggunakannya dengan “basedodok” serta sayur. Jika di Singaraja sendiri begitu mudah untuk mendapatkannya, kemudian bagaimana untuk orang-orang yang sedang berada di kawasan Denpasar atau sekitarnya?

Di Denpasar tepatnya dijalan tukad pancoran terdapat salah satu warung Raisa makan yang menyajikan makanan khas Singaraja ini, mungkin dari sekian banyak yang menjualnya, ditempat ini merupakan salah satunya yang cukup enak dan sangat diminati, disini juga kita bisa menentukan berapa belayag yang akan kita pesan.

Dalam proses pembuatannya,tipat Blayag biasanya direbus minimal hingga tiga jam. Karena itu, proses pembuatannya memang cukup lama. Namun percayalah, makanan ini sangat nikmat. Makanan Blayag ini sangat sederhana, biasanya kalau dijual disejumlah pedagang Blayag harganya mulai dari 5000. KP-GAP