Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berburu Kuliner Aneh Di Bali – kabarbali.id
Food Kabarbali.id

Berburu Kuliner Aneh Di Bali

kabarbali.id [Badung] – Jika berkunjung ke Bali tidak lengkap rasanya tanpa menjamah kulinernya. Sayangnya kebanyakan wisatawan Cuma mengenal kuliner yang berbahan dasar Bebek, tapi taukah kalian jika di Bali ada kuliner tradisional yang cukup langka dan unik? Sate Kakul, Lawar Nyawan, Lindung Kesuna Cekuh dan Belayag adalah kuliner yang saat ini terbilang cukup langka.

Menurut Gusti Nukerta saat ditemui di warungnya yang terletak di kawasan Jimbaran, kuliner tersebut memang cukup langka ditemui saat ini, terlebih tidak semua orang bisa mengolahnya dengan sempurna.

Lindung Kesuna Cekuh

“kenapa menjadi susah ditemui? kelangkaan bahan dasar seperti Kakul dan Nyawan adalah faktor utama berkurangnya penjual menu makanan tersebut”, ungkapnya

Pria yang akrab disapa Gusti tersebut mengungkapkan, jika makanan tersebut adalah menu utama ditempatnya. “ini adalah menu utama kami, meski cukup langka saya pribadi sudah memiliki pemasok yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan”, ucapnya.

Berikut adalah kuliner lezat yang patut dicoba saat berada di Bali :

  1. Kakul Kesuna Cekuh

Kakul atau Keong Sawah sukup susah ditemui saat ini, kendati di beberapa wilayah di Bali masih ada yang menjual menu tersebut tapi tidak setiap hari tersedia. Dagingnya yang hambar dengan tekstur daging yang sedikit alot terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi sang koki dalam mengolahnya, bumbunya sendiri diracik menggunakan bumbu Bali yang bernama kesuna cekuh.

  1. Lawar/ Pepes Nyawan

Lawar/ Pepes Nyawan adalah kuliner yang berbahan dasar sarang tawon ini juga terbilang langka. Namun ketika kita mengonsumsi menu yang satu ini cukup banyak manfaat kesehatan yang kita peroleh bagi tubuh, seperti yang kita ketahui jika sarang lebah sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup bagus untuk kesehatan.

  1. Lindung Kesuna Cekuh

Lindung atau dalam bahasa Indonesia disebut Belut ini merupakan kuliner yang kaya akan manfaat kesehatan, belut sendiri mengandung Kalori, Protein, Lemak dan Zat Besi. Di Bali, Belut juga banyak diolah menjadi keripik.

  1. Blayag

Nah jika menu yang satu ini sudah terkenal di Bali Utara atau Buleleng, kebanyakan menyebutnya dengan Blayag Buleleng. Jika melihat fisiknya, Blayag ini lebih menyerupai Ketupat namun Blayag sendiri lebih menyerupai persegi panjang. Yang membuat Blayag menjadi terkenal adalah bumbunya, masing-masing tempat menyajikan Blayag dengan bumbu khasnya sendiri, seperti di Buleleng Blayag disajikan dengan bumbu Base dodok, di tempat lain ada juga yang menyajikannya dengan kuah kare.

Sebagai informasi tambahan, dari beberapa tempat yang menyajikan menu diatas, rentan harganya tidak terlalu menguras kantong namun rasanya pun masih nyaman di lidah. [GDE/JOE]