Travel

Destinasi Wisata Munduk Temu, Perpaduan Barat dan Timur

Tabanan memang memiliki banyak destinasi wisata baru salah satunya adalah Desa Munduk Temu, Pupuan, Tabanan. Meski tergolong baru, wisatawan asing maupun lokal cukup intens mengunjungi desa yang cukup dekat dengan Singaraja ini.

Baca Juga :

Berada diketinggian sekita 1500 meter di atas permukaan laut (mdpl), membuat lokasi ini sangat spesial dengan menawarkan dua view mempesona, perbukitan Sepang dan Gunung Batukaru. Tempat ini juga semakin spesial sebab ketika pagi kita akan disuguhkan dengan indahnya matahari terbit dan saat sore hari keindahan semakin bertambah dengan pesona matahari terbenan.

Ada lima spot foto, tiga berada di sisi sebelah barat dan satu spot berada di sebelah timur atau tepatnya berada di halaman rumah Perbekel Munduk Temu I Nyoman Wintara. Tempat ini dibuka untuk umum dan cukup dengan merogoh kantong Rp 5 ribu setiap orang kita bisa berfoto sepuasnya di semua spot dan kedua spot ini dipisahkan oleh jalan desa Munduk Temu.

Spot pertama adalah sebuah sangkar burung berbentuk oval yang dilapisi sebuah ijuk. Disini kalian bisa duduk dan berimajinasi untuk merasakan bagaimana rasanya berada di dalam rumah burung.

Lanjut kebagian belakang rumah burung ada sebuah dek yang sedikit mejolok ke sisi barat berbentuk persegi empat dengan ukutan kurang lebih 3×4 meter yang terbuat dari kayu. Tenang saja, dek ini umumnya bosa menampung hingga 5 orang ukuran normal. Disini kalian bisa berfoto dengan latar belakang hijaunya perbukitan sepang, 180 derajat pandangan kalian akan dimanjakan apalagi ditambah dengan segarnya udara ditempat ini.

Sejuknya suasana di desa ini menambah fresh pikiran serta tubuh kita setelah seminggu full menikmati rutinitas. Spot ke tiga berada diantara sepot pertama dan ke empat dimana spot ini merupakan sebuah sayap dengan warna cerah dan titik ke empat adalah sebuah perahu yang terbuat dari bambu.

Satu lagi, desa ini sangatlah bersih bahkan setiap sudut lokasi terdapat tempat sampah yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, jangan coba-coba untuk buang sampah sembarangan jika kalian tidak mau kena sangsi adat. Denda bagi orang yang kedapatan membuang sampah sembarangan adalah berupa uang sebesar Rp 250 ribu.

Tidak sampai disana, keindahan Gunung Batukaru serta hamparan hijaunya perbukitan Tabanan menyempurnakan spot terakhir. Puas menikmati keindahan dan berfoto, disini kalian juga bisa menikmati produk lokal yakni salak gula pasir dan nikmatnya kopi robusta.

Luangkan waktu kalian jika hendak berkunjung ke tempat ini sebab tidak akan cukup sejam atau dua jam untuk menikmati keindahan yang semakin jarang kita temui. Sebagai saran, jika kalian hendak ke tempat ini untuk melihat prakiraan cuaca sebab kondisi mendung dan hujan tidak akan bisa ditebak datangnya.

Tidak hanya dari Denpasar, tempat ini juga bisa ditempuh lewat Singaraja. Dari arah Denpasar dengan roda dua bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dalam waktu normal sedangkan dari Singaraja hanya perlu waktu 1 jam 30 menit saja.(Red/Rls)

Comments

comments