DLHK Denpasar Siapkan 1.200 Personil Saat Pangrupukan – kabarbali.id
Kabarbali.id

DLHK Denpasar Siapkan 1.200 Personil Saat Pangrupukan

Foto/istimewa

DENPASAR, Kabarbali.id- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar menyiagakan sebanyak 1.200 personil dan 20 truck untuk mengangkut sampah saat pawai ogoh-ogoh pangrupukan, Jumat (16/3/2018) mendatang. Baik sampah upakara maupun bekas ogoh-ogoh yang ditimbulkan pasca pawai.

Berbeda dengan tahun sebelumnya DLHK hanya menyediakan 15 truk yang masing-masing truk dapat mengangkut 1,5 ton sampah. Namun kini pihaknya mengerahkan sedikitnya 20 truk lebih banyak karena pelibatan ogoh-ogoh juga semakin bertambah.

“Untuk personilnya kami kerahkan hingga 1.200 personil sampai pukul 03.00 Wita. Jadi karena berbarengan dengan hari Saraswati juga kita harus selesai sesuai target,” ungkap Kabid Persampahan DLHK Kota Denpasar I Ketut Adi Wiguna saat dikonfirmasi, Senin (12/3/2018) .

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Desa Pakraman di Denpasar untuk menyiapkan tempat di 5 Setra (kuburan) di Denpasar untuk pembakaran bekas ogoh-ogoh pasca pawai pangrupukan. Nantinya, dengan tempat itu diharapkan dapat meminimalisir sampah ogoh-ogoh dibuang di jalanan raya.

Setra yang akan difokuskan untuk dipakai pembakaran bekas ogoh-ogoh yakni, Setra Badung, Setra Hyang Batu, Setra Kesiman, Setra padang sambian, dan Setra Sumerta di Jalan Hayam Wuruk Denpasar.

“Jika memang tidak dibakar paling tidak mereka menaruh ogoh-ogohnya di dalam Banjar seusai di pralina. Nantinya saat Nyepi agar tidak menimbulkan kesan kotor karena bangkai ogoh-ogoh dibiarkan dipinggir jalan,” ungkapnya.(ms/gn/kbi)

Comments

comments

Related Posts