D’Story lestarikan budaya lewat lagu. – kabarbali.id
Kabarbali.id

D’Story lestarikan budaya lewat lagu.

Bali adalah bukti kecil dari keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia. Mulai dari keberagaman suku, kuliner, adat dan budayanya dan tentunya sebagai generasi muda sudah sepatutnya ikut andil dalam mempertahankan serta ikut melestarikan budaya tersebut.

Itulah yang menjadi perhatian khusus bagi musisi Bali yang satu ini, D’Story setelah sukses meraih perhatian publik lewat single berbahasa Bali yang berjudul “dumadak adi stata mekenyem”. Kini mereka kembali mempersiapkan diri untuk meluncurkan single bernuansa budaya.

Mekotekan, adalah judul lagu yang terbaru mereka yang ditargetkan peluncurannya pada bulan Nopember mendatang. Hal ini disebabkan karena pengambilan scane dari lagu tersebut diambil secara live.

D'Story lestarikan budaya lewat lagu.

Foto by d’story

“kami lakukan pengambilan gambar pada scane mekotekan sebelum hari H, dengan mengerahkan seluruh pemuda yang ada di desa Munggu Badung, nantinya kita akan merekontruksi tradisi ini dengan versi aslinya ya cuma minus tombaknya saja diganti dengan kayu biasa”. Ungkap Rama sang front man D’Story.

Rama juga menjelaskan, proses rekrontruksi dari mekotekan tersebut sudah mendapat dukungan secara sepenuhnya dari pihak desa adat Munggu.

Lagu yang berdurasi 3menit 48detik tersebut diciptakan oleh Angga sang gitaris dengan proses penggarapan yang tergolong singkat.

Mereka juga mengharapkan dukungan dari para fans dan penikmat lagu Bali agar dilancarkan dalam proses penggarapan video clipnya.

Rama menambahkan, nantinya dalam penggarapan video movie dari lagu Mekotek tersebut akan dilakukan take di dua tempat, yakni di desa Munggu dan kawasan Legian.

“Kami bangga bisa ikut melestarikan dan memperkenalkan kembali tradisi yang dimiliki Bali lewat lagu”. Ungkap Rama.

Bukan sebuah alasan lagu Mekotek diangkat menjadi sebuah lagu, karena konsistensi dan ke eksisan dari tradisi tersebut yang secara continiu dilakukan, menjadi alasan mereka untuk mengangkatnya kedalam swbuah lagu. Padahal sebelumnya mereka ingin mengangkat tradisi mabuug-buugan menjadi sebuah lagu, namun karena suatu alasan akhirnya mereka memilih mekotek untuk dijadikan lagu.

D’Story yang saat ini digawangi oleh Rama (vocal), Dek Angga (lead gitar), Mang Sayang (Rhytem), Yanik (basist), Agus (drum) tersebut, di MUS Studio – Tabanan serta Satria Sama Bali untuk penggarapan dari video clip mereka.[KP22]

Comments

comments

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.