Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Gunung Agung Erupsi, Hujan Abu Terasa Hingga ke Selat – kabarbali.id
Kabarbali.id Peristiwa

Gunung Agung Erupsi, Hujan Abu Terasa Hingga ke Selat

Suara gemuruh dan dentuman cukup keras dari Gunung Agung yang kembali erupsi pada Kamis, (11/4) sekitar pukul 18.47 wita. Dari pantauan, erupsi tersebut menimbulkan hujan abu di beberapa lokasi termasuk areal Pura Besakih.

Erupsi yang terjadi berupa kepulan abu setinggi 2.000 meter dari puncak kawah atau setinggi 5.142 meter dari permukaan laut, dengan amplitudo 25 mm, durasi 2 menit dan 8 detik. Status Gunung Agung masih level III atau siaga.

Baca Juga :

Oleh Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Kementerian ESDM, Devy Kamil Syahbana, masyarakat diimbau untuk tetap tetang dan waspada. “Kami harapkan masyarakat tetap tenang, gunakan masker dan tetap siaga,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, erupsi yang terjadi itu merupakan tipe strombolian mengingat ada suara gemuruh dan dentuman. Menurutnya erupsi berpeluang terus terjadi, namun kecil kemungkinan terjadi letusan eksplosif.

Hujan abu yang terjadi di weilayah Pura Besakih disebabkan oleh berhembusnya anginke arah selatan dan tidak hanya Besakih, Kecamatan Rendang, Desa Besakih, juga di Banjar Temukus, dan Banjar Kedundung terkena hujan abu.

Melansir laman Nusa Bali, Koordinator Lapangan Relawan Pasebaya Agung Karangasem I Komang Eka Semara Putra, mengatakan di Pos Terpadu Kedundung, Desa Besakih hanya berbekal 30 masker, telah habis dibagi-bagikan kepada pamedek.

Baca Juga :

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik Asmi Sukmawati, menyatakan setelah menerima informasi terjadi hujan abu di wilayah Pura Besakih dan sekitarnya, pihaknya langsung bergerak membawa masker untuk dibagikan kepada pamedek.

Hujan abu juga terjadi di Banjar Pule (Desa Pempatan), Banjar Batusesa (Desa Menanga, Kecamatan Rendang), Banjar Batang (Desa Besakih), Banjar Suwukan (Desa Menanga, Kecamatan Rendang), Banjar Pura (Desa Sebudi, Kecamatan Selat), dan sekitarnya.

Sebagaimana dilaporkan Perbekel Kesimpar I Gede Intaran, suara gemuruh erupsi Gunung Agung terdengar cukup keras di Banjar/Desa Kesimpar, Kecamatan Abang.

Suara gemuruh juga terdengar di Banjar Yeha (Desa Sebudi, Kecamatan Selat), Banjar Badeg (Desa Sebudi, Kecamatan Selat), dan Banjar Sebun (Desa Sebudi, Kecamatan Selat). Dari Banjar/Desa Jungutan terlihat percikan api dari puncak kawah. (Red/Dhi/Net/Pra)

 

Comments

comments