Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ini Dia Band/ Solois Paling Bersinar Ditahun 2017 – kabarbali.id
Kabar Seni Kabarbali.id

Ini Dia Band/ Solois Paling Bersinar Ditahun 2017

Kabarbali.id (Denpasar) –  Menjelang berakhirnya tahun 2017 ini, redaksi kabarbali.id merangkum Band/ Solois yang paling bersinar ditahun 2017. Hasil dari rangkuman ini dihimpun dari berbagai sumber seperti dari pengamat musik Made Adnyana (wartawan senior sekaligus CEO mybalimusic.com,), I Gusti Ngurah “Rah Man” Murthana, ST (Wakil Ketua KPID Bali/ Bidang Pengawasan Isi Siaran dan Ketua Pramusti Bali) serta beberapa sumber lainnya.

Kendati hingga saat ini masih banyak yang mengelukan lesunya industri musik Bali, sejatinya pasar industri musik Bali sedang mengalami peningkatan yang cukup bagus, terbukti banyaknya baliho acara yang memasang foto artis Bali baik dari event berskala kecil hingga yang besar sekalipun.

Seperti yang dikutip dari laman mybalimusic.com, kelesuan musik Bali yang dimaksudkan kemungkinan jika diukur dari segi ekonomi dalam hal ini penjualan, baik VCD, DVD, atau CD, saat ini sedang mengalami penurunan dan itu pun memang secara global mengalami penurunan, meski demikian bukan berarti penjualan secara digital ikut terpengaruh pun dari jadwal manggung.

Menurut Made Adnyana selaku wartawan senior sekaligus CEO mybalimusic.com saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, dihitung periode Januari hingga Desember 2017, Band Reggae asal Denpasar, Joni Agung & Double T adalah band yang paling bersinar ditahun 2017 ini. Adnyana menegaskan penilaiannya tersebut bukan semata dari seberapa banyak panggung yang mereka miliki, namun seberapa banyak jumlah viewer di jejaring sosial, serta bagaimana karya/ lagu mereka banyak di hafal dan dikenal oleh berbagai kalangan.

“Banyak faktor yang mempengaruhinya, bukan hanya dilihat dari seberapa banyak jumlah panggungnya, namun jumlah viewer di jejaring sosial, tapi bagaimana karya/ lagu mereka banyak dihafal dan dikenal oleh berbagai kalangan, dan saya rasa Joni Agung & Double T patut dicap sebagai band yang bersinar di tahun 2017 ini”, ucapnya kepada kabarbali.id, Jumat, 22 Desember 2017.

Image by redaksi kabarbali.id

Lebih lanjut, pria yang juga seorang dosen ini mengatakan jika di tahun 2017 ini musik Reggae sedang merajai industri musik Bali, pun jika dilihat dari gendre lainnya, Pop Sederhana selayaknya Jun Bintang dan Bayu Cuaca sedang dipuncak untuk katagori solois.

“Secara keseluruhan, Reggae bisa dikatakan sebagai band paling bersinar di tahun 2017 ini, dan untuk genre lainnya, Pop Sederhana dari Jun Bintang dan Bayu Cuaca saat ini sedang diatas puncak, begitupun dengan Motifora dan Harmonia masih cukup diminati”, ucapnya

Dikatakannya, popularitas dari seorang Jun Bintang juga tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan pencitraan yang cukup kuat, terlebih musik yang di usungnya cukup mengena di kalangan anak muda.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Ketua KPID Bali / Bidang Pengawasan Isi Siaran dan sekaligus bertindak sebagai Ketua Pramusti Bali, I Gusti Ngurah “Rah Man” Murthana, ST  saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, mengatakan ditahun 2017 ini gendre Reggae masih merajai industri musik Bali. “Di tahun 2017 ini Joni Agung & Double T masih cukup kuat di puncak industri musik Bali”, ujarnya singkat, Jumat, 22 Dsember 2017.

Setali tiga uang, Bagus Mantra dari Pragina Art Showbiz dan sekaligus sebagai salah sati penggerak industri musik Bali,mengungkapkan jika di tahun 2017 band pionir seperti Lolot dan Joni Agung & Double T masih cukup merajai industri musik Bali. “Di tahun 2017, Lolot dan Joni Agung & Double T masih mendominasi, dan mereka ini tidak terpengaruh oleh isu lesunya penjualan media CD, DVD atau VCD, “, ucapnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Meski dikatakan Reggae musik merajai di tahun 2017 ini, Made Adnyana dan Rah Man cukup sepakat jika ditahun 2018 kemungkin gendre Pop Sederhana masih cukup diminati. “ kalau bicara ditahun 2018, kemungkinan Pop Sederhana masih cukup diminati, namun saya pribadi masih belum tahu untuk gendre lainnya”, ujar Made Adnyana sembari mengakhiri obrolan.[RED]

 

Comments

comments

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.