Ini Ungkapan Prajurit Satgas TMMD – kabarbali.id
SosPol

Ini Ungkapan Prajurit Satgas TMMD

kabarbali.id —  Kerja, kerja dan kerja itulah ungkapan prajurit Satgas TMMD ke-101 Kodim 1611/Badung di desa Pangsan Kec. Petang Kab. Badung. Bagaimana tidak bekerja, sudah memasuki hari ke-21 Selasa (24/4) mereka melaksanakan pembangunan rabat, senderan, paping, saluran renase dan buat rumah layak huni.

Selama 30 hari mereka berkutit di lapangan mulai pagi sampai sore. Pagi hari karena merasa bertanggung jawab numpang tinggal di rumah penduduk mereka harus menyapu, sebelum makan pagi baru berangkat kerja. Kadang pulang kerja bila ada waktu mereka masih sempat untuk jalan-jalan di sekitar lingkungan desa Pangsan.

Malam harinya juga mereka melakukan kegiatan komsos (komunikasi sosial) dengan masyarakat saling bertukar pengalaman seperti pada anak-anak muda bagaimana mempersiapkan diri menjadi seorang Prajurit, mulai dari fisik, mental dan Pengetahuan.

Serda Gigih dari TNI AL dari satuan Lanud Ngurah mengatakan, “Saya baru pertama kali ikut TMMD, saya senang bisa mengenal masyarakat disini, tentang adat istiadat, perekonomian/kehidupan masyarakat. Masyarakat disini sangat membantu saya, seperti memasakan makanan, menyediakan tempat istirahat dan terpenting penduduknya sangat ramah,” Tambahnya

Sementara Pasiterdim 1611/Badung mengatakan, “Tentara itu bukan berperang saja, sebagai prajurit disamping ahli perang juga harus mampu melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) seperti melaksanakan komsos dan mengingat sistem pertahanan kita sistem pertahanan semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman,” Tegasnya.(*)

Comments

comments

Related Posts