Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ketika Remaja Terlibat Penjurian Film Pendek Internasional – kabarbali.id
Teknologi

Ketika Remaja Terlibat Penjurian Film Pendek Internasional

Dalam masa pelatihan, peserta akan menonton film-film pendek yang telah melalui pra-seleksi, khusus kategori film anak dan remaja. Bagian penting dari misi pelatihan ini adalah mengajak peserta berpikir lebih kritis, dan mengemukakan pendapatnya dalam sebuah argumen penjurian, serta mengasah kemampuan mereka untuk mendengarkan pendapat orang lain dan berdiskusi. Setelah materi pelatihan disampaikan, dalam proses penjurian para remaja ini tidak akan mendapat intervensi dari mentor lagi, apalagi orang tua.

Program Youth Jury Camp 2019 ini remaja diberikan kehormatan untuk menyampaikan opini dan pendapat mereka terhadap film yang mereka tonton. Para mentor merangsang pikiran kritis mereka dengan berbagai pertanyaan dan argumentasi untuk kemudian didiskusikan bersama-sama. Program pelatihan ini menjadi ruang dan kesempatan untuk remaja agar suara mereka terdengar lewat medium apresiasi dan penjurian menjelang Minikino Film Week.

Baca Juga: Pelatihan Juri Remaja untuk Festival Film Pendek Internasional

Kepercayaan diri dan persahabatan mereka juga akan terbentuk secara langsung. Pada perhelatan Minikino Film Week 5 – Bali International Short Film Festival pada tanggal 5-12 Oktober 2019 mendatang, mereka akan diundang dan dihormati sebagai Youth Jury Board 2019 untuk menghadiri seluruh rangkaian acara serta membuat keputusan penjuriannya.

Di sinilah mereka berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para produser dan filmmaker baik dari Bali, Nasional serta Internasional, lebih jauh tentang film-film yang mereka tonton.

Youth Jury Camp tahun ini akan diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 21 sampai 23 Juni 2019, bertempat di MASH Denpasar, sebuah ruang kreatif baru di Bali. Secara garis besarnya, para peserta akan menerima pemaparan materi mulai dari sejarah film pendek dunia hingga programming film, dan belajar mengemukakan pendapat mereka tentang apa yang mereka tonton.

Tahun ini Minikino masih membuka dua jalur,  jalur khusus beasiswa dan jalur pendaftaran biasa. Pendaftaran saat ini masih dibuka sampai tanggal 10 Juni 2019, namun akan dibatasi hanya untuk 10 peserta saja. Apabila batas maksimum ini tercapai, pendaftaran ditutup lebih awal. Persyaratan selengkapnya bisa dibaca di sini.

Baca Juga: Sanur Village Festival ke-14, Memuliakan Bambu

Tahun 2018 lalu penerima beasiswa Youth Jury Camp 2018 ialah Seika Cintanya Sanger (Tabanan) dan I Putu Purnama Putra (Karangasem). Bersama dengan peserta lainnya yaitu Sophie Louisa (Tangerang Selatan), Keane Levia Koenathallah (Jakarta), Natasya Arya Pusparani (Tangerang Selatan), Ni Luh Manis (Karangasem).

Mereka bertemu dengan teman-temannya yang berasal dari Jakarta, Tangerang Selatan, dan juga 1 dari Tabanan, Bali. Nama-nama mereka juga tercantum sebagai Youth Jury Board 2019 dan tercetak dalam katalog festival. (Red/Rls/Dhi)

Comments

comments