Makna “udeng” yang dipakai oleh vocalist PMR – kabarbali.id
Kabarbali.id

Makna “udeng” yang dipakai oleh vocalist PMR

Jika kalian penikmat lagu yang bernuansa melayu atau dangdut, setidaknya kalian mengenal nama band yang satu ini, Orkes Moral Pengantar Minum Racun atau yang sering orang kenal dengan sebutan OM PMR. Group yang sempat mendulang kepopulelarannya di era 80-90an tersebut belakangan kembali menjadi buah bibir dikalangan anak muda Indonesia tak terkecuali Bali.

Group yang digawangi oleh Jhonny Iskandar (vocal), Boedi Pandukone (Gitar), Yuri Mahippal (mandolin + cuk), Imma Maranaan (bass), Ajie Cetti Bahadur Syah (perkusi), Harri “Muke Kapur” (mini drum) tersebut beberapa waktu lalu sempat menggoyang panggung musik di Bali.

Baca Juga : Apakabar Remember The Rain?

Jhonny Iskandar selaku frontman  dari band tersebut sempat bercerita kepada wartawan kabarportal.com sebelum naik panggung, dia cukup mengapresiasi kaula muda Bali hingga PMR bisa turut serta menghibur dalam event berskala nasional tersebut.

“ya saya salut dan ancungkan dua jempol untuk penyelenggara dan anak muda Bali, yang sudah memberikan ruang untuk kami dalam event sebesar ini yang notabene pengunjungnya adalah anak muda semua”. Kata Jhonny Iskandar.

Baca Juga : Leeyonk Sinatra – Kisahmu Ceritaku

Ketika ditanya tentang arti dari “udeng” yang selalu dikenakan oleh Jhonny Iskandar, Jhonny menjawab dengan santai sembari menikmati jajan, bahwa udeng itu sendiri murni merupakan symbol dari keanekaragaman budaya Indonesia yang salah satunya adalah Bali.

“ya inilah Indonesia, symbol keragaman yang kita miliki, pakaian yang kita kenakan sehari-hari ya seperti ini juga, kita patut bangga dengan keberagaman yang kita miliki, di Luar negeri belum tentu ada seperti ini”. Tuturnya

Seperti yang diketahui disetiap penampilannya, vocalist PMR selalu mengenakan udeng yang seakan menjadi ciri khas dari Orkes Madun Pengantar Minum Racun (OM PMR).

Penulis : Kadek Ani | Foto by Maria P

 

Comments

comments

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.