Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Meningkat, Pemanfaatan Internet Untuk Dongkrak UMKM – kabarbali.id
Teknologi

Meningkat, Pemanfaatan Internet Untuk Dongkrak UMKM

kabarbali.id — Di era digital saat ini tak bisa dipungkiri jika keterlibatan internet mulai mendominasi dan memudahkan di hampir semua sub sektor.
Mulai dari transaksi hingga prosejual beli pun kini semakin mudah dan cepat. Behitupun pengusaha atau start up di era teknologi saat ini Indonesia dan Bali khususnya hampir kesepenuhnya telah melek dan memanfaatkan teknologi, khususnya untuk transaksi jual beli.
Hal tersebut pun disepakati oleh Hendra W. Saputro yang notabene adalah seorang technopreneur dan digital marketer. “Saya sendiri cukup sering mengadakan sharing tentang internet marketing di seminar/workshop yang diselenggarakan oleh pemerintah, pihak swasta dan komunitas, animonya bagus. Selalu full dan ini adalah bukti masyarakat kita sudah melek dengan digital,”katanya kepada kabarbali.id saat dikonfirmasi melalui pesan singkat. Jumat (6/7).
Pria yang juga CEO dari BOC Indonesia ini pun mengatakan  jika saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 50 persen dari total penduduknya. “Mengacu pada dari datang Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), dari 262 total penduduk Indonesia, ditemukan 143 juta user, ini bukan angka yang kecil,”tegasnya.
Dia juga mengatakan baru 8 persen atau 3,89 juta saja pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Indonesia, baru memanfaatkan platform digital.
“Data itu mengacu pada Kemenkop RI, jadi disinilah tugas kita bersama untuk mendigitalisasikan produk atau layanan yang dimiliki,”ucapnya.
Menurutnya, kalangan umum yang belum punya usaha pun memiliki ketertarikan untuk menjalankan bisnis online. “Yang belum punya saja sudah tinggi minatnya apalagi yang punya usaha,”katanya lagi.
Lebih jauh disampaikan jika masyarakat Indonesia khususnya Bali telah sadar betul akan peluang pasar digital. Namum dia mengatakan jika pengusaha muda saat ini telah benar-benar memanfaatkan platform mainstream ataupun mandiri.
“Kalau pengusaha yang paro baya sih masih awam dengan hal itu, namun tidak berlaku pada pengusaha muda,”tegasnya.
Mengakhiri percakapan, diapun menyampaikan jika peluang pasar digital akan mendominasi, namun dirinya juga berpesan jika keseimbangan haruslah tetap dijaga. “Offlinenya kita tetap jalan dan digital juga wajib dilengkapi semisal proposal atau data usaha kita harus ada di website kita, kan kita punya batas waktu srdangkan internet 1x24jam,”tutupnya. (Red/Jik/Mas)

Comments

comments

Related Posts