Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Nyakan Diwang, Tradisi Unik Terjadi Setiap Setahun Sekali – kabarbali.id
Gumi Bali

Nyakan Diwang, Tradisi Unik Terjadi Setiap Setahun Sekali

Nyakan Diwang, merupakan salah satu tradisi unik yang terjadi setiap satu tahun sekali. Tepatnya di kabupaten Buleleng, kecamatan Banjar. Tradisi ini pun telah berlangsung secara turun temurun.

“Tradisi ini berlangsung pada Ngembak Geni atau sehari setelah nyepi berlangsung,”kata Made Adi salah seorang warga desa Banjar. Jumat, (8/3).

Baca Juga :

Pantauan dilapangan, tradisi unik ini tidaklah semua warga melakukannya karena beberapa alasan seperti seperti cuaca. “Ini sejak kemarin hujan cukup lebat dan secara intens sehingga beberapa warga tidak melakukan tradisi ini, biasanya seluruh warga melakukan tradisi ini,”sambungnya.

Lebih lanjut, Adi sangat menyayangkan jika tradisi ini tidak sepenuhnya mendapat perhatian dari aparatur desa atau pun kabupaten yang menurutnya tradisi ini bisa menjadi potensi wisata dan menarik wisatawan.

Baca Juga :

“Ini hanya terjadi di kecamatan Banjar, tapi sayang pemeritnah tidak memberikan perhatian khusus. Jika terus begini bukan tidak mungkin tradisi ini akan pudar atau akan hanya menjadi kenangan,”imbuhnya.

Pelaksanaan Nyakan Diwang dilakukan oleh seluruh warga. Warga ke luar rumah memadati jalan desa. Biasanya tradisi itu dilakukan di depan pintu masuk halaman rumah. Keramaian dan keriuhan warga memberikan suasana berbeda saat tradisi usai Nyepi itu dilakukan secara bersamaan.”Nyakan Diwang biasanya dimulai sejak pukul 03.00 Wita hingga selesai,”ujarnyanya.

Tradisi ini dikatakan Adi sebagai salah satu ajang untuk silahturahmi dan sebagai ajang untuk menjaga tali persaudaraan. “Warga kecamatan Banjar itu kan banyak yang merantau, nah ini salah satu cara untuk merekatkan tali kekeluargaan,”tutupnya. (Red/Dhi/Jik)

Comments

comments