Nyepi di Bali Tanpa Internet, Ini Komentar Musisi Bali – kabarbali.id
Kabar Seni

Nyepi di Bali Tanpa Internet, Ini Komentar Musisi Bali

Kabarbali.id – Seruan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali terkait adanya pemutusan jaringan internet pada perangkat celular pun masih bergulir. Sejumlah musisi Bali pun angkat bicara.

Team kabarbali.id sempat mewawancarai beberapa musisi Bali seperti yang dikatakan oleh Made “Lolot” Bawa yang cukup menentang imbauan tersebut, menurutnya hal itu terlalu dipaksakan mengignat Bali cukup dikenal akan keberagaman dan toleransi.

Baca Juga :

Rapat Dengar Komite III DPD RI, Kipem Mencuat

“Hal ini terlalu memaksakan kehendak, Bali bukan agama hindu saja, mari kita tumbuhkan lagi kesadaran diri,”ucapnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat. Kamis, 8 Maret 2018.

Evie vocalist dari Evie Band yang mengaku kurang setuju dengan hal itu, ia berpendapat jika semua itu kembali ke masing-masing individu.

Putu Budi “Dejapu Band”. Image/IST

“Kalau hanya karena selfie sampai mematikan internet, itu hal konyol kita kembalikan kepada kesadaran umatnya agar benar-benar menjalankan brata penyepian,”ucapnya.

Hal berbeda dikatakan oleh gitaris dari band Ake Buleleng, Gde Kurniawan musisi asal Singaraja itu cukup mendukung keputusan PHDI terkait pemutusan layanan internet saat perayaan nyepi.

“Saya setuju saja toh itu hasil kesepakatan bersama para penglingsir dan pihak yang berkompeten, kan cuma sehari saja marilah kita benar-benar rayakan nyepi dengan hikmat dan damai,”papar pria yang juga gitaris dari band Ake Buleleng itu

“Ini hal baru, apapun yang baru pro dan kontra itu hal biasa, Bali itu istimewa satu-satunya tempat di dunia yang bisa menghentikan kegiatan meski hanya sehari, ucap Putu Budi vocalist dari Dejapu Band sembari mengiyakan hal itu.

D’Go Vaspa menilai seruan PHDI Bali terhadap prosedur perayaan Nyepi adalah seruan yang sah-sah saja. Menurutnya, jika seruan itu akan berdampak positif pada kekhusukan perayaan Nyepi akan sangat baik jika diterapkan.[FAJ/GDE]

Comments

comments

Related Posts