Pemakaian Listrik di Bali diprediksi Turun Saat Nyepi, Ini Penyebabnya… – kabarbali.id
Kabarbali.id

Pemakaian Listrik di Bali diprediksi Turun Saat Nyepi, Ini Penyebabnya…

DENPASAR, kabarbali.id– Dampak perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940 di Bali diprediksi membuat penurunan pemakaian listrik hingga 27 persen. PLN Distribusi Bali memprediksi penurunan itu dikarenakan pelaksanaan amati geni (tidak menyalakan api) selama satu hari penuh. Hal itu juga berpengaruh pada pemakaian listrik yang dilarang setiap tahunnya.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Bali, I Gusti Ketut Putra, Minggu (11/3/2018) mengatakan. Beban puncak yang terjadi pada perayaan Nyepi 2018 diprediksi menyentuh 565,3 mega watt (MW) untuk malam hari dan 520,6 MW pada siang hari. Prediksi ini berdasarkan atas perhitungan beban puncak perayaan Nyepi 3 tahun terakhir.

Baca Juga :

PLN Operasikan 17 Mesin Kapasitas Besar Di Corok

Untuk beban puncak yang terjadi pada perayaan Nyepi 2017 yaitu 490,5 MW pada siang hari, dan 506,9 MW pada malam hari. Namun, Per 7 Maret 2018, beban puncak mencapai 770 MW dibandingkan dengan hari-hari biasa beban puncak tertinggi untuk Bali yaitu mencapai 860 MW yang terjadi pada tahun 2017, dan beban puncak tertinggi pada thun 2018 yakni 840,8 MW.

Kata Gusti Putra, beban pembangkit listrik di Bali saat perayaan Nyepi akan diprioritaskan dari PLTU Celukan Bawang. Sedangkan pembangkit listrik lainnya seperti PLTDG yang ada di Pesanggaran jika terjadi kekurangan daya.

“Kami ambil dari PLTU Celukan bawang sementara, jika itu mencukupi yang dipesanggaran kita tidak hidupkan,” ujar Gusti Putra.

Selain persiapan daya listrik, PLN juga berupaya mengatasi gangguan yang kemungkinan terjadi di seluruh Bali pada saat Nyepi. Sedikitnya ada 750 orang disiapkam mulai dari tanggal 16-18 Maret 2018.

“Kami siagakan keseluruhannya untuk mengantisipasi terjadi permasalahan kelistrikan. Jika ada korsleting dan permasalahan lainnya mereka akan langsung bergerak,” ungkapnya.(ms/gn/kbi)

Comments

comments

Related Posts