Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Penidago, Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Ke Nusa Penida – kabarbali.id
Kabarbali.id Teknologi

Penidago, Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Ke Nusa Penida

Kabarbali.id (Klungkung) –  Sebagai salah satu Pulau yang memiliki keindahan laut, Nusa Penida belakangan menjadi buah bibir dari berbagai kalangan, mulai dari wisatawan domestik hingga travel Blogger dari berbagai belahan dunia. Keindahan bawah laut dan daratannya memberi kesan tersendiri bagi siapapun yang melakukan kunjungan ke pulau yang terletak disebelah tenggara pulau Bali tersebut.

Namun dibalik itu terdapat berbagai kendala yang sedikit mengusik indahnya pulau yang berdekatan dengan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan tersebut, salah satunya adalah kendala pada transportasi penyebrangan dan hal tersebut pula yang membuat salah seorang putra asli Nusa Penida untuk tergerak dan segera melakukan perubahan.

Baca juga : Puja Astawa, Ngelawak Itu Susah

Krisna selaku Founder dari Penidago.com mengungkapkan terciptanya website tersebut bermula dari beberapa kendala yang sering terjadi dan berakibat pada lambatnya pelayanan. “Calo dan cancel booking serta ketidakpastian kedatangan sipemesan sering menghambat pelayanan pihak speedboat, mengingat perusahaan penyedia armada boat hanya menerima pemesanan via Telepon/Email dan melalui Office tiket,”ujarnya kepada Kabarbali.id Senin, 22 Januari 2018.

Krisna juga mengatakan, dengan adanya Penidago.com, siapapun yang hendak melakukan kunjungan ke Nusa Penida jadi lebih mudah dan nyaman. “Harapannya sederhana saja, wisatawan yang hendak berkunjung ke Nusa Penida jadi nyaman dan dipermudah, selain itu akan semakin memaksimalkan pelayanan wisata ke Nusa Penida yang berimbas pada peningkatan angka kunjungan wisatawan,”ucap pria kelahiran 19 April 1996 tersebut.

I Putu Krisna Founder Penidago.Image/Ist

Saat ini sebanyak tiga perusahaan boat yang sudah diajak bekerja sama dan beberapa perusahaan transportasi kelautan lainnya pun menyatakan minat untuk bekerja sama dengan penidago.com. Informasi tiket pun dilakukan secara transparant, melakukan pemesanan, pembelian, sekaligus melakukan pembayaran secara online yang aman melalui berbagai sistem dan fasilitas pembayaran.

Untuk diketahui, Penidago.com merupakan salah satu layanan website Online Travel Agent  (OTA) yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem serta fasilitas pemesanan dan pembelian secara online tiket speedboat ke Nusa Penida. Melalui website Penidago.com, calon penumpang tidak khawatir lagi untuk kehabisan tiket penyebrangan pun pembayarannya melalui system transfer.

Lebih lanjut, pria yang juga hobby berkesenian tersebut menjelaskan jika proyek dari website itu murni dikerjakan sendiri dan dibantu oleh 1 tim terdiri dari 3 orang yang memiliki tugas  masing-masing dan menggunakan dana pribadinya. “Proyek ini saya kerjakan sendiri dan untuk pendanaannya juga saya gunakan uang knatong sendiri plus bantuan dari orang tua saya,”uca pria bernama lengkap I Putu Krisna.

Disisi lain, Ketut Gunawan selaku Wakil Ketua dari PHRI Klungkung mengungkapkan jika Nusa Penida dikenal akan keindahan bawah laut dan dijadikan tempat Tirtayatra atau perjalanan suci bagi umat Hindu khususnya di Bali, sehingga kualitas destinasi ini harus dijaga.

“Nusa Penida dikenal sebagai objek wisata bawah lautnya dan juga dijadikan sebagai salahsatu tujuan Tirtayatra bagi umat Hindu Bali oleh karena itu sudah sepantasnya Pulau ini dijaga keindahan dan kelestarisnnya,”pungkas Gunawan saat dikonfirmasi pada Sabtu, 20 Januari 2018 di kawasan Denpasar.[GDE/FAJ]

Comments

comments

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.