Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Peranan Strategis Penyuluh Untuk Indonesia Maju – kabarbali.id
Esai

Peranan Strategis Penyuluh Untuk Indonesia Maju

Oleh : I K. Satria (Penyuluh Agama Provinsi Bali)

Visi Indonesia Maju merupakan salah satu yang menarik dalam upaya pemajuan keberadaban Bangsa Indonesia. Maju dalam hal ini adalah maju disegala bidang. Sebagai bangsa yang besar Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi yang terdepan, alam dan hasil bumi yang sangat melimpah mampu menyokong keberadaan Indonesia sebagai Negara maju.

Beberapa indikator kemajuan mesti melalui pentahapan, seperti misalnya pembangunan infrastruktur yang sudah dilakukan dilanjutkan terus, prioritas SDM sejak dalam kandungan sehingga lahir anak-anak yang cerdas dan kuat dalam melakukan pembangunan kedepan. Selain itu, dalam rangka percepatan pembnagunan  pemerintah mesti bekerjasama dengan berbagai pihak salah satunya adalah investor sehingga mempermudah investasi untuk lapangan kerja menjadi poin selanjutnya dalam pentahapan ini.

BACA JUGA:  SMASHED Project Hadir di Bali, Ini Kegiatannya

Etos kerja yang lemah mesti diperbaiki dengan cara reformasi birokrasi sebagai salah satu upaya penggerak roda pembangunan nasional dan APBN harus tetap sasaran, dalam hal ini APBN diharapkan mengarah pada program-program kemajuan bangsa. Kelima pentahapan ini mampu memberikan nuansa kemajuan bangsa karena akan mampu membangun iklim yang lebih sehat dan pembangunan akan berjalan dengan lancar.

Penyuluh Agama dan Penyuluh Informasi Publik (PIP) adalah salah satu elemen penting dalam penguatan Sumber daya manusia. Penyuluh adalah mereka yang memberikan penerangan dengan bahasa agama kepada masyarakat, sebagai manusia Pancasila maka informasi dan pengembangan manusia dengan pendekatan agama menjadi penting.

Penyuluh yang mampu menterjemahkan program-program pemerintah dan menyampaikannya dengan sederhana kepada masyarakat pedesaan akan mampu memberikan penguatan baru terhadap berjlannya program pemerintah di akar rumput. Hal lainnya adalah bahwa penyuluh mampu dengan pendekatan agama diharapkan program pemerintah berjalan dengan baik. Masyarakat dicerahkan, dituntun dan diarahkan dalam ikut serta dalam pembangunan bangsa.

BACA JUGA:  Nikmati Promo Asik dari Hotel Santika Siligita

Sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh penyuluh agama adalah menguatkan betapa pentingnya dasar negara pancasila dan NKRI dalam kehidupan global ini. Persaingan antar bangsa, kriminalisasi negara, disintegrasi dan radikalisme sebagai salah satu yang akan mengganggu keutuhan bangsa merupakan musuh yang memerlukan formulasi baru untuk mencegahnya.

Penyuluh agama diharapkan mampu menterjemahkan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci dalam rangka mengajak, mencerahkan dan menuntun masyarakat agar ikut dalam rangka membangun bangsa. Masyarakat yang memiliki nilai nasionalisme goyah memang sangat memerlukan penguatan nilai-nilai persatuan demi ajegnya negara pancasila Indonesia.

BACA JUGA:  Temukan chemistry, Bali Flare Tandem Competition kembali di Gelar HBI

Empat pilar nilai kebangsaan merupakan keharusan yang mesti dipahami dan dituangkan dalam prilaku warga Negara. Apa yang dimaksud dengan empat Pilar Kebangsaan? Pengertian 4 Pilar Kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tentram, dan sejahtera, serta terhindar dari berbagai macam gangguan.

Jika bisa kita andaikan bahwa empat pilar itu sebagai suatu pengikat persatuan dan keutuhan bangsa. Ini merupakan sistem keyakinan (belief system) atau filosofi (philosophische grondslag) yang isinya berupa konsep, prinsip, serta nilai yang dianut oleh masyarakat suatu negara. Filosofi dan prinsip keyakinan yang dianut oleh suatu negara digunakan sebagai landasan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, demi kemajuan bangsanya.

BACA JUGA:  Shrida Taste of Ubud Gelar Diskusi Seni Budaya Bersama Jamel Hall

Penyuluh berperan strategis sebagai penerang dan penyampai pesan pembangunan dari pemerintah kepada masyarakat di kalangan bawah. Penyuluh sebagai elemen strategis sesungguhnya mampu menjadi kekuatan handal pemerintah untuk menerangkan program kerja itu dan disampaikan dengan pendekatan agama kepada masyarakat, hal ini diyakini mampu menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dengan lapisan masyarakat yang paling bawah. Penyuluh juga diharapkan mampu merubah pola pikir masyarakat dari yang biasa dan sederhana menuju pemikiran yang maju, membangun dan handal dalam menyokong pembangunan bangsa.

BACA JUGA:  Bali Menjadi Saksi Berkumpulnya International Watercolor Society

Indonesia maju adalah sebuah bangsa yang memiliki daya saing kuat, sumber daya manusia yang unggul disegala bidang, nilai persatuan dan cinta tanah air yang kokoh, serta masyarakat yang bangga menjadi bagian dari bangsanya yang diperjuangkan oleh para pahlawan dengan tumpahan darah dan air mata. Warga Negara yang maju adalah yang mampu memahami perbedaan yang ada sebagai penghias peradaban bangsa.

Penyuluh agama dan penyuluh informasi publik sangat berperan untuk menjadi tauladan, menjadi contoh di masyarakat dan menjadi penerang dalam kehidupan beragama di akar rumput. Dengan berbagai keterampilan penyuluh untuk mengkemas muatan ceramah untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam membangun peradaban bangsa merupakan nilai lebih dari penyuluh, dan dengan penyuluh akan mampu mewujudkan Indonesia maju, utamanya dalam penguatan keagamaan sebagai pondasi kesuksesan manusia Pancasila. (Red/Dhi/Satria)