Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
PKB ke-41, Gubernur Bali Minta Pengrajin Membuka Jaringan – kabarbali.id
Kabar Seni

PKB ke-41, Gubernur Bali Minta Pengrajin Membuka Jaringan

Pesta Kesenian Bali (PKB) 2019 digelar 15 Juni 2019 dan dipastikan Presiden Joko Widodo akan membuka pawai PKB, segala persiapan telah dilakukan termasuk peserta pameran.

Gubernur Bali, Wayan Koster dalam sambutannya menginbau kepada seluruh peserta pameran untuk ikut menjaga dan melestarikan kebudayaan seluruh Bali dan tidak serta merta hanya melihat nominal melainkan turut berinovasi dan kreatif.

Baca Juga: Jadwal Lengkap PKB 2019, Bayu Pramana

“Sekarang ini semua harus kreatif dan inopatif jangan monotone agar kita semakin berkembang,”katanya dihadapan 304 peserta pameran yang lolos seleksi, di Gedung Ksiarnawa Taman Budaya Artcentre Denpasar. Minggu (9/6).

Ia pun menegaskan para peserta yang ikut dalam pameran PKB tahun ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias geratis hal itu dilakukan untuk mendorong dan memotivasi para pengrajin agar lebih berkembang. “Kita geratiskan karena ini upaya kota untuk mendorong pengrajin di Bali,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, tidak hanya mendorong dari sisi offline, melalui layanan situs Bali smart island para pengrajin di Bali semakin berjaya. “Kita buatkan wadah juga untuk onlinenya jadi bisa seimbang,”paparnya.

Koster juga meminta kepada pengrajin untuk tidak kaku berinovasi dan tidak hanya mementingkan nomimal. “Bali itu banyak memiliki motif kain atau ukiran kembangkan dan jangan takut untuk ditiru,”tegasnya.

Baca Juga: Pawai Pesta Kesenian Bali ke 40, Jokowi Bagi – Bagi Hadiah

Ia juga mengimbau kepada seluruh peserta pameran agar aktif membuka jaringan baru untuk memajukan usahanya. “Nanti kita akan bantu semua perajin di Bali dalam membuka jaringan dan pasar, akses keluar daerah hingga ke negara lain, termasuk juga dengan membuat rumah desain industri kreatif branding Bali. Kita fasilitasi gratis,” ucapnya bersemangat.

Kedepan, Bali akan dibuatkan Bali Convention Centre dimana seluruh pengrajin dan seniman Bali bisa berpameran disana. “Kita undang buyer dari seluruh dunia dan kita kembalikan kejayaan Bali diera ’80 an,”ucapnya.

Disisi lain, Putu Astawa selaku Kadis Provinsi Bali menegaskan seluruh peserta pameran adalah pengrajin /seniman baru yang tahun-tahun sebelumnya belum pernah ikut pameran PKB.

Baca Juga: Duta Tabanan Tampilkan Ngelawang Pada Pesta Kesenian Bali

Proses perekrutan pun tergolong selektif mulai dari rekomendasi dari kabupaten/ kota setempat lalu produk yang akan dipamerkan juga diseleksi cukup ketat. “Hal ini kita lakukan agar produk yang dijual tidak ada kesamaan antara pedagang serta tingkat keunikan juga menjadi salah satu penilaian,”imbuhnya.

Ia juga menegaskan ucapan orang nomor satu di Bali itu, jika tahun ini tidak ada target penjualan. “Tidak ada target apapun kita dukung dan sukseskan pesta ini,”tutupnya. (Red/Dhi/Pra)

 

Comments

comments