Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Kabar Seni

Rasendria, Alat Musik Untuk “One Man Show”

RIzal – Kanan, Saat  memainkan Rasendria.

Kabarbali.id – Unik dan menarik adalah kata yang cocok untuk alat musik ini, namanya Rasendria yang ditemukan oleh seniman asal Majalengka, Bandung, Jawa Barat yang kini tinggal di UBud, Bali.

Dia adalah Rizal Abdulhadi atau yang lebih akrab disapa dengan Rizal, pria yang sudah tinggal di Bali selama 4th itu menceritakan tentang temuannya yang sudah diakui oleh dunia.

Dia mengakui menemukan alat itu sejak lama tepatnya berawal saat menjalani tur musiknya di Asia Selatan.

“Saya ini kan pemain musik dengan sebutan “One Man Show” dan ketika saya tur keliling Asia, saya agak ribet membawa banyak alat, jadi tercetuslah untuk membuat alat ini,”kisahnya.

Rasendria sendiri menggabungkan beberapa alat musik menjadi satu kesatuan. Alat itu berisi tiga alat musik seperti didgeridoo (alat musik tradisi suku Aborigin) String Gitar/ Gitar Listrik dan celempung perkusi.

Lebih lanjut, pria rambut gimbal itu mengatakan alat temuannya itu secara keseluruhan berbahan dasar bambu hitam. “Bambo hitam ini kita pilihan karena memiliki tekstur yang paling pas,” paparnya.

Dia mengungkapkan harga pasaran untuk satu unitnya berada di angka 5 hingga 9 juta. Dia juga mengklaim alat temuannya itu pertama dan satu-satunya di dunia. “Ini satu – satunya dan sudah diakui oleh dunia,”paparnya

Dia juga mengaku jika produknya sudah cukup banyak di ekspor hingga ke luar negeri seperti Australia, Eropa dan Jepang. “Kecuali yang alat Resendria, gitar elektrik dan sejenisnya banyak yang memesan hingga ke luar negeri bahkan tak jarang si pemesan datang langsung ke workshop saya,”kata pria berkacamata itu.(*)