Teknologi

Seribu Satu Manfaat Ampas Kopi No ratings yet.

Kopi memiliki banyak manfaat dan khasiat terlebih pada bagian ampasnya. Mungkin di sebagian orang, ampas kopi tidak memiliki manfaat atau paling tidak hanya digunakan sebagai pupuk.  Ditangan Lianti Raharjo bersama suami dan seoranh kawannya, limbah tersebut mampu disulapnya menjadi barang bernilai jual tinggi.

Baca Juga : Kasiat Lain Dari Secangkir Kopi

Ia mengubah limbah tersebut menjadi berbagai produk seperti skin care dan shampoo. “Kami beri nama Rebrew karena kami menggunakan bahan daur ulang,”ucap Lianti Raharjo selaku founder Rebrew saat ditemui diacara Maker Fest 2018 di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar. Sabtu, (3/11).

Diceritakannya, awal mula dari munculnya ide tersebut dari kegemarannya menikmati kopi bersama sang suami yang cukup banyak ampas dari kopi yang terbuang dan saat kering itu menjadi debu. “Dari sana kami berfikir ini harus olah jadi apa, dan saya pun mulai googling,”paparnya.

Dari pencariannya itu mulai menghasilkan titik cerah sebuah penelitian tentang pemanfaatan ampas kopi telah dilakukan. Beranjak dari sana terus berlanjut dan hingga kini ia telah membuat 7 macam produk berbahan ampas kopi. “Awalnya sih ragu karena kan memakai nama ampas kopi, lalu setelah konsultasi dan ikut pameran kami semakin matang serta kami juga telah di lengkapi BPOM,”paparnya.

Baca Juga : Bercinta Bikin Tubuh Langsing? Ini Penjelasannya

Untuk aromanya pun sangat khas berbau ampas kopi tanpa ditambahkan aroma lainnya. Untuk prosesnya sendiri di dua tempat berbeda yakni proses ekstraknya di Jakarta dan setelah jadi minyak lalu dikirim ke Bali untuk proses lebih lanjut hingga siap dipasarkan,”pungkasnya sembari mengatakan untuk untuk ampas sisa ekstaknya dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Dari sisi bahan dasar, dia mengatakan hanya menggunakan kopi asli Indonesia dengan jenis arabica dan ampasnya pun harus bersih. “Kopi arabica karena kopi ini ditanam di dataran tinggi sehingga memiliki antioksidan tinggi,”imbuhnya.

Usaha yang dirintis sejak 2017 itu asalnya bernama Coffee Story yang kemudian mereka rebranding menjadi Rebrew. “Harganya mulai Rp 125 ribu sampai Rp 250 ribu,”tutupnya sembari mengatakan permintaan produk cukup banyak.(Red/Rls/Mik)

Please rate this

Comments

comments

Related Posts