Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Siat Yeh, Satukan Barat dan Timur Jimbaran – kabarbali.id
Gumi Bali

Siat Yeh, Satukan Barat dan Timur Jimbaran

Selain Omed-omedan di Sesetan, Badung juga memiliki tradisi unik yang berlangsung setiap setahun sekali atau tepatnya sehari setelah nyepi berlangsung atau yang lebih dikenal sebagai Ngembak Geni.

Siat Yeh, adalah salah satu tradisi yang kembali digelar oleh warga Banjar Teba, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (8/3).

Baca Juga :

“Ini merupakan tahun ke dua kami gelar setelah sem[pat hilang hampir 35 tahun terakhir, ujar Anak Agung Bagus Cahya Dwi Janatha selaku ketua panitia dari acara tersebut.

Diawali dengan mendak tirta adri dua sumber air yang berbeda dan warga pun di bagi dua kelompok yang berjalan menuju arah barat dan timur. Ada yang menuju ke Pantai Jimbaran (barat), yang lainnya berangkat ke rawa, atau suwung, yang berada di sisi timur banjar tersebut.

“Setelah mengambil air, kemudian ke dua warga tadi bertemu di satu titik yakni di jalan raya di depan Balai Banjar Teba dengan diiringi gamelan Baleganjur,”sambungnya.

Sebelum Siat Yeh dimulai, peserta yang didominasi oleh pemuda itu mengawalinya dengan nyanyian sederhana ala dolanan. Lagu sederhana yang berjenis sekar rare tersebut menceritakan keriangan warga yang tinggal di kawasan pesisir.

Baca Juga :

Pemuda yang posisinya saling berhadapan itu pun mulai saling menyiramkan air sebagai tanda Siat yeh telah dimulai. Tubuh muda-mudi di sisi barat juga tampak dilumuri pasir, Sedangkan sisi timur berlumur lumpur. “Ini adalah symbol sumber mata air yang mereka gunakan. Pasir sebagai lambang air dari laut sedangkanmlumpur mencerminkan air yang diambil dari rawa atau suwung,”terang Agung.

Menurutnya, tradisi Siat Yeh diadakan berdasarkan daerah Jimbaran yang diapit oleh dua mata air. Yaitu, air laut dari sisi barat Pantai Jimbaran, kemudian air tawar dari sisi timur Suwung atau rawa untuk disatukan.

Siat Yeh sendiri memiliki arti Perang Air, Siat berarti perang dan Yeh memiliki makna air. (Red/Dhi/Net/Jik)

Comments

comments