Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
UNIK! Jam Aksara Bali Bali ini Terjual Hingga Tangerang – kabarbali.id
Mereka

UNIK! Jam Aksara Bali Bali ini Terjual Hingga Tangerang

Peluang selalu ada tergantung bagaimana kita menangkapnya. Demikian ungkapan yang tepoat untuk menggambarkan sosok I Nengah Gama (58) seniman asli Tabanan ini.

mendukung Peraturan Daerah (PERDA) tentang Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali, nomor 1 tahun 2018, ia memadukan seni fotography dengan aksara Bali pada jam dindingan buatannya. Sejak dua bulan belakangan ini, Nengah memasarkan usahanya itu melalui online ataupun off line.

Baca Juga: Jalin Kerjasama Dengan Manajemen Internasional, Ini Harapan Seres Hotel

Nengah memanfaatkan limbah yang tak lazim seperti piringan hitam, bahan daur ulang kayu hingga gear motor. “Intinya yang berbentuk bulat,”sahutnya saat ditemui di acara Pesta Kesenian Bali. Kamis (11/7).

Jam dinding ia pilih lantaran orang pasti memiliki barang tersebut disetiap rumah atau tempat mereka bekerja secara tidak langsung mereka pun akan belajar dan hafal dengan aksara Bali khususnya angka.

Menurutnya ide ada saja muncul untuk membuat desain – desain jam. Seperti jam dengan dengan latar belakang foto keluarga atau foto anak. Ketika ia sedang ngayah membuat sate pun ide muncul. Lalu ia membuat jam dinding dengan foto sate upakara yang memiliki jumlah tertentu.

Baca Juga: Narend, Dalang Cilik Yang Kampanyekan Isu LIngkungan

Sejak kemunculannya, permintaan jam yang ia produksi cukup banyak seperti LPD dan kelurahan terutama dari kalangan sekolah. “Secara tidak langsung mereka belajar aksara Bali khususnya angka,”tuturnya.

Ia juga merasa bangga dengan karyanya tersebut setelah mengetahui di beberapa hotel dan restaurant mengaku cukup terbantu dengan inovasinya tersebut. “Mereka ternyata tidak mengetahui angka Bali,”paparnya.

Tidak hanya di Bali, karyanya tersebut sudah dikirim hingga wilayah Tangerang. Harga jam dinding itu dibandrol mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 350 ribu tergantung bahan yang digunakan dan jenis bahannya, mengingat ada jam dinding dengan edisi limited. (Red/Dhi/Rik)