Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Viral Ratusan Lumba-Lumba di Lovina Muncul, Ini Penjelasannya – kabarbali.id
Peristiwa

Viral Ratusan Lumba-Lumba di Lovina Muncul, Ini Penjelasannya

Tidak seperti biasanya ratusan lumba-lumba pagi tadi, Kamis (18/7) muncul kepermukaan di perairan laut Lovina yang sontak saja membuat kaget warga dan wisatawan setempat. Video singkat terkait kemunculan lumba-lumba itu pun beredar luas dimedia social.

Baca Juga: Bali Diguncang Gempa, Ini Korbannya

Menurut pemandu Made Putra, salah seorang Pemandu wisata setemapt menjelaskan lumba-lumba tersebut muncul di titik sekitar 4 kilometer dari garis pantai dari pagi hingga jelang siang yakni sekitar pukul 06.00 sampai 10.00 WITA.

Lumba-lumba ini biasanya muncul tergantung dari pasokan makanan alami di tempat tersebut. Jika sumber makanannya melimpah, lumba-lumba yang muncul semakin banyak. “Mungkin hari ini psokan makanan mereka melimpah, namun kalau sedikit mereka akan muncul sedikit,”ujarnya.

Putra menduga, saat ini makanan lumba-lumba yang biasa disebut ikan kembung sedang melimpah di perairan tersebut. Jika ikan kembung melimpah, lumba-lumba yang datang semakin banyak.

Baca Juga: UNIK! Jam Aksara Bali Bali ini Terjual Hingga Tangerang

Disisi lain, Budi Kurniawan, Kepala BKSDA Bali mengatakan, Pantai Lovina memang menjadi habitat dan jalur imigrasi lumba-lumba, yang terkadang dilakukan berkelompok dalam jumlah banyak atau sedikit.

Lumba-lumba ini bergerak dari perairan timur seperti perairan Nusa Tenggara, Sulawesi, dan utara Bali, menuju ke perairan barat seperti Laut Jawa dan Samudera Hindia.(Red/Dhi/Net)